Senin, 09 Maret 2015

Mengintip Pesona Kecantikan Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

Gunungkidul Yogyakarta merupakan kawasan yang kini tengah menjadi incaran bagi para traveller pecinta wisata alam. Tak hanya pantai, kini gunung pun menjadi salah satu alternatif wisata di kawasan ini. Salah satu gunung di Gunungkidul yang menjadi incaran adalah Gunung Api Purba Nglanggeran.

Gunung Api Purba Nglanggeran kini menjadi magnet kuat bagi dunia pariwisata di Kota Jogja. Kekayaan alam menjadi gambaran dari tempat wisata di Jogja ini. Gunung ini berada di kawasan pegunungan bernama Nglanggeran dengan puncaknya yang bernama sama.

Gunung ini diperkirakan telah ada sejak zaman purba. Untuk bisa mencapai kawasan pegunungan ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Jogja. Untuk mencapai puncak gunung ini, Anda harus menapaki jalan yang menanjak dan melalui lubang batu besar. Namun Anda tak perlu khawatir, karena ada alat bantu untuk naik tanjakan-tanjakan tersebut.
Dalam perjalanan menuju puncak, Anda akan melewati lorong sempit bernama Sumpitan. Lorong sempit itu berada di antara tebing batu, sehingga seakan batu tersebut terbelah dua. Selepas keluar lorong tersebut, Anda akan melihat hamparan batuan luas yang membentuk seperti puncak gunung kecil. Gunung kecil tersebut disebut sebagai Gunung Bagong.

Pemandangan menarik dapat Anda saksikan dari gunung kecil tersebut. Yaitu hamparan pemandangan terasering atau rice terrace. Selain itu, Anda juga dapat beristirahat sambil melihat pemandangan dari atas gardu pandang yang ada di atas gunung kecil ini.

Setelah melakukan trekking selama 1 jam, Anda akan sampai di puncak gunung yang Anda tuju. Sesampainya di atas puncak, Anda akan melihat sajian pemandangan yang eksotis dan sanggup mempesona mata siapapun yang melihatnya. Rasa lelah pun akan tergantikan oleh pemandangan ini.

Rasanya wajar jika keindahan alam di Gunungkidul ini kini menjadi incaran para traveller. Karena memang terbukti jika pemandangan dari Gunung Api Purba Nglanggeran saja sudah cukup indah. Pastinya masih banyak tempat wisata di Jogja lainnya yang tak kalah indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar