Senin, 06 April 2015

Menyusuri Sisa Pasca Erupsi Merapi Dengan Wisata Lava di Yogyakarta

Letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 silam, memang menyisakan cerita tersendiri bagi warga Jogja. Namun, 5 tahun pasca erupsi, kota ini kini menjadi kota yang menghadirkan cerita baru. Bahkan kini wisata yang bernama Lava Tour tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang menarik minat wisatawan.

Bencana meletusnya Gunung Merapi tersebut menjadi mimpi buruk bagi Negara ini. Namun kini, kota Jogja telah bangkit dan menjadikan memori buruk tersebut sebagai wisata baru di kota ini. Lava Tour kini menjadi pengangkat roda perekonomian warga sekitar lokasi erupsi gunung tersebut.

Untuk menuju tempat wisata di Jogja ini, Anda harus melakukan perjalanan menuju Dusun Kinahrejo, Kabupaten Sleman. Dusun ini memang menjadi dusun yang mengalami kerusakan terparah akibat letusan gunung. Hal ini karena dusun ini merupakan dusun terdekat dari kaki gunung.

Dusun ini adalah dusun yang menjadi tempat tinggal Juru Kunci ternama yaitu Mbah Maridjan. Kini, dusun tersebut hanya dijadikan sebagai temapt wisata saja. Karena kini, masyarakat tidak diizinkan untuk tinggal di dusun tersebut dengan alasan keamanan.

Pemandangan alam sekitar dusun ini berbeda jauh dari kondisi dusun sebelum kejadian. Dahulu hamparan warna hijau menghiasi dusun ini. Kini, lautan pasir dan batu menjadi “perhiasan” dari dusun ini. Reruntuhan rumah pun menjadi saksi betapa ganasnya awan panas atau wedhus gembel yang menyapu dusun ini.
Menikmati keseruan menyusuri tempat wisata di Jogja ini pun tergolong murah. Anda hanya perlu membayar biaya kendaraan saja. Untuk kendaraan motor, Anda harus membayar sebesar 9 ribu Rupiah. Sedangkan untuk mobil, Anda harus membayar mulai dari 20 ribu hingga 25 ribu Rupiah saja. Biaya tersebut telah termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Cukup murah bukan?

Lokasi dusun ini terletak agak menanjak. Sehingga Anda harus menggunakan kendaraan seperti ojek, menyewa motorcross, jeep hingga sepeda gunung. Tergantung kemampuan Anda. Namun, pemandangan menarik akan tersaji selama perjalanan Anda menuju dusun.

Pemandangan bekas rumah Mbah Maridjan, Masjid Al-Amin yang selamat dari awan panas, menjadi pemandanga menarik di tempat ini. Namun jika belum puas, Anda bisa menggunakan motorcross dan jeep untuk berkeliling di sekitar dusun ini.

Untuk menikmati gagahnya Gunung Merapi pasca erupsi, Anda sebaiknya datang sebelum pukul 7 pagi. Karena pemandangan gunung ini lebih jelas dan belum tertutup kabut. Jadi, wisata ke Jogja? jangan lupa menikmati Lava Tour yang seru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar