Minggu, 18 Januari 2015

Candi Barong, Candi Peninggalan Hindu di Yogyakarta

Siapa bilang Jogja hanya punya Candi Prambanan saja? Kota ini memiliki banyak candi yang tak kalah cantik dan bernilai sejarah. Salah satunya adalah Candi Barong. Objek wisata di Jogja ini juga sama menarik dan uniknya dengan candi lainnya yang adalah di Jogja.

Candi Barong ini ada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo Bokoharjo Kecamatan Prambanan, Yogyakarta. Objek wisata di Jogja ini merupakan bukti peninggalan sejarah agama Hindu. Namun, candi ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dibandingkan candi peninggalan agama Hindu lainnya.

Candi ini cukup unik karena didirikan untuk pemujaan Dewa Wisnu serta istrinya Dewi Laksmi. Karena Dewi Laksmi adalah lambang kesuburan, tak heran jika candi ini merupakan candi simbol kemakmuran atau kesuburan.

Keunikan lainnya dari candi ini yaitu hiasan kala berbentuk menyerupai barong. Serta tak ketinggalan hiasan disetiap sisi candinya berbentuk kepala singa. Letak dari candi ini juga cukup indah. Karena letaknya di atas perbukitan, maka Anda dapat melihat pemandangan yang indah di sekeliling candi ini.

Candi ini ini memiliki 3 buah teras. Teras yang tertinggi berada di paling belakang deretan teras yang lain. Teras tertinggi memiliki dua buah selasar serat dua buah candi tanpa pintu dan jendela. Teras tertinggi merupakan halaman paling suci. pada candi yang pertama dibangun untuk pemujaan Dewa Wisnu. Candi kedua, dibangun untuk bentuk pemujaan terhadap Dewi Sri.

Nah, jika memang Anda berniat berlibur ke Kota Jogja. Tak ada salahnya untuk mengunjungi objek wisata di Jogja yang satu ini. Tak hanya mengenal Jogja sebagai kota dengan wisata belanja, wisata budaya hingga wisata kulinernya saja. Namun juga wisata religi dengan mengunjungi candi-candi yang tersebar di Jogja. Seperti Candi Barong yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar