Rabu, 14 Januari 2015

Taman Sari, Landmark Peninggalan Sejarah Kerajaan di Yogyakarta

Ke Yogyakarta tidak hanya bisa menikmati wisata kuliner dan wisata belanja saja. Anda bisa mengunjungi landmark yang juga terkenal di Jogja yaitu Taman Sari. Tak hanya pemandangannya saja yang menjadi daya tarik dari tempat wisata di Jogja ini. Namun juga tentang kisah di baliknya.

Tempat wisata di Jogja ini memiliki cerita yang berkaitan tentang Kerajaan Yogyakarta pada zaman dahulu. Taman Sari tidak hanya berupa kolam saja. Namun, dahulu kolam ini adalah tempat pemandian selir raja. Bahkan, ada sekitar 40 selir raja yang pernah berendam bersama di kolam ini.

Saat mereka mandi, Sang Raja atau Sultan memperhatikan para selir yang tengah mandi dari menara pandang. Lalu Sultan akan menjatuhkan sapu tangan merah kepada salah satu selir yang menjadi pilihan Sultan. Selir yang terpilih akan menghabiskan waktu berdua bersama Sultan. Sedangkan selir lainnya akan keluar dari kolam.

Seperti yang telah diungkapkan di awal bahwa pemandangan dari tempat ini juga cukup indah. Hal ini karena arsitekturnya yang memang cukup cantik. Yaitu merupakan campuran antara gaya eropa dan Jawa.

Namun, dari keseluruhan tempat ini, hanya sedikit tempat yang bisa Anda kunjungi. Karena, sebagian besar kawasan Taman Sari kini dijadikan sebagai tempat tinggal bagi para abdi dalem Keraton Kesultanan Yogyakarta saat ini.

Meski tempat wisata di Jogja ini cukup menarik, namun kini cukup jarang orang yang mendatangi tempat ini. Para wisatawan banyak yang lebih tertarik untuk mendatangi Malioboro atau Candi Prambanan. Padahal, pemandangan dari salah satu landmark di Jogja ini juga tidak kalah indah untuk Anda kunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar