Selasa, 03 Maret 2015

Candi Plaosan, Candi Indah Selain Prambanan di Yogyakarta

Jawa Tengah adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terkenal dengan peninggalan candi-candinya. Salah satu kota yang memiliki bukti peninggalan berupa candi tersebut adalah Kota Jogja. Selain Candi Prambanan, ada salah satu candi yang juga terkenal dengan keindahannya. Candi tersebut adalah Candi Plaosan.

Nama Candi Plaosan memang masih terdengar cukup asing. Bahkan letak dari tempat wisata di Jogja ini juga masih sedikit yang mengetahuinya. Candi ini terletak di Kabupaten Klaten, Prambanan, Jawa Tengah. Letaknya pun tak jauh dari Candi Prambanan.

Candi ini adalah salah satu candi peninggalan dari Agama Hindu. Sama dengan Candi Prambanan yang merupakan candi tertinggi di Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya patung Dewa Siwa yang merupakan salah satu dewa dalam agama tersebut di dalam candi.

Candi ini terdiri dari dua lokasi. Letak candi yang pertama yaitu di sebelah selatan retribusi. Ukuran candi-candi yang ada di lokasi pertama ini tergolong kecil dan terdiri dari stupa-stupa yang berjajar. Namun, ada beberapa bagian candi yang tidak terpasang dan terlihat masih berserakan.
Candi yang kedua letaknya di sebelah utara jalan utama. Candi di lokasi kedua ini ukurannya lebih besar dibandingkan dengan candi yang pertama. Dan di lokasi candi kedua ini terdapat candi utama yang memiliki ruangan lebih besar.

Di dalam candi utama, terdapat dua ruangan dengan desain dan ukuran yang sama. Dan dalam kedua ruangan tersebut terdapat patung Dewa Siwa. Keberadaan ruangan tersebut, disinyalir sebagai ruangan yang digunakan untuk tempat beribadah.

Di sekeliling candi utama, terdapat candi lain yang ukurannya lebih kecil dibandingkan candi utama. Selain peninggalan berupa candi dengan berbagai ukuran. Di tempat ini juga terdapat pelataran besar dengan bentuk menyerupai panggung yang terbuat dari batu. Tepat di ujung selatan pelataran, terdapat relief berupa patung-patung berbingkai dewa Agama Hindu. Dipercaya bahwa pelataran tersebut dahulunya digunakan sebagai tempat untuk upacara keagamaan.

Candi ini terlihat cukup asri. Dengan desain artistik candi ditambah dengan rumput yang tumbuh dengan rapih dan terawat. Untuk mencapai kedua lokasi candi tersebut, Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki. Menunggu sunset di Candi Plaosan ini juga cukup menarik. Selain masih sepi, tempat wisata di Jogja ini juga memiliki pemandangan sunset yang cantik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar