Senin, 02 Maret 2015

Menyantap Segarnya Aneka Buah Sekaligus Menikmati Pemandangan Indah Khas Jogja di Kebun Buah Mangunan

Keindahan alam dipadu dengan rimbunnya aneka buah-buahan dan segarnya udara menjadi salah satu hal yang bisa Anda nikmati di Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata di Jogja ini memang berada di puncak bukit. Sehingga harmoni indah ketiganya dapat Anda rasakan sekaligus.

Kebun Buah Mangunan ini terletak di ketinggian 1000 mdpl di pegunungan Imogiri. Dari atas bukit ini, Anda juga bisa menikmati cantiknya lekukan dari aliran Sungai Oya. Sungguh cantik. Tak jarang jalur menuju kebun ini menjadi trek gowes para pecinta sepeda.

Ada dua jalur untuk menuju kebun ini. Yaitu jalur pengendara motor serta pejalan kaki. Jika Anda melalui jalur pejalan kaki, maka Anda kan menikmati rute dengan pemandangan batuan dari zaman purba yang berserakan terdapat di bukit ini. Batuan tersebut menjadi hiasan dan pemandangan tersendiri menuju kebun buah bagi para wisatawan yang menggunakan jalur pejalan kaki.

Meski lelah akan mendera para wisatawan yang menggunakan jalur pejalan kaki yang akan menuju kebun ini. Namun pemandangan alam sekitar, kicauan burung, hembusan angin hingga suara lenguhan sapi akan terdengar dan menjadi keunikan tersendiri. Jika lelah, maka para wisatawan dapat berhenti sejenak untuk beristirahat di beberapa pos peristirahatan yang telah tersedia.

Sesampainya di atas, Anda akan disambut dengan pemandangan indah berupa jembatan gantung dan pemandangan Sungai Oya. Fasilitas yang ada di kebun buah ini diantaranya yaitu kebun aneka buah, peternakan, camping ground 1 ha, arena bermain anak, kolam pemancingan, kolam renang anak-anak, joglo, gazebo, aula dan fasilitas lainnya.
Kebun buah ini memiliki berbagai koleksi buah. Mulai dari durian sebanyak 1500 pohon, jambu air 300 pohon, jeruk 220 pohon, mangga 950 pohon, dan tanaman buah lainnya. Tak hanya itu saja. Kebun buah ini juga memiliki peternakan sapi dengan total 40 ekor sapi.

Untuk mencapai Kebun Buah Mangunan ini, Anda bisa menuju ke selatan sekitar 8 km dari Terminal Giwangan hingga menuju kantor Kecamatan Imogiri. Lalu, arahkan kendaraan menuju timur hingga bertemu pertigaan menuju arah makam raja-raja jika Anda lurus. Namun, jika ingin mengunjungi tempat wisata di Jogja ini, Anda harus belok kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar