Rabu, 25 Maret 2015

Main-Main Ke “Rumah Teletubbies” di Yogyakarta

Ingatkah Anda dengan karakter 4 boneka berwarna ungu, hijau, kuning dan merah serta bayi matahari? Ya, karakter dalam film Teletubbies ini memang pernah mengisi Minggu pagi Anda. Namun, ingatkah Anda dengan rumah mereka yang berbentuk bulat atau kubah? Ternyata, Rumah Teletubbies tersebut dapat Anda lihat di Jogja. Bahkan kini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang sayang untuk Anda lewatkan.

Rumah Teletubbies tersebut dapat Anda lihat di Desa Nglepen, Yogyakarta. Rumah tersebut sebenarnya memang tidak dirancang untuk meniru rumah dari film tersebut. Namun, rumah yang kini menjadi tempat wisata di Jogja ini awalnya merupakan rumah sementara bagi para korban gempa di Jogja pada tahun 2006.

Rumah berbentuk dome tersebut dibangun oleh LSM “Domes for the World Foundation” sebagai tempat tinggal sementara bagi para korban gempa. Namun, kini rumah-rumah tersebut justru dijadikan sebagai tempat wisata dan berubah namanya menjadi New Ngelepen.
Atap rumah-rumah di desa ini berbentuk setengah lingkaran. Cat putih menjadi dominasi bangunan ini. Rumah ini memang mirip dengan rumah dari film Teletubbies. Namun memang tanpa keempat pemainnya yang lucu tentu saja.

Rumah ini kini menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi Kota Jogja. Sehingga sayang jika Anda melewatkan tempat ini jika berkunjung ke kota Jogja. Untuk mencapai tempat wisata di Jogja ini, anda hanya perlu berbelok ke arah kanan menuju Wonosari jika dari Yogyakarta. Kemudian Anda harus lurus terus hingga melewati rel. Selanjutnya Anda tinggal mencari papan penanda di sisi kiri untuk sampai ke Rumah Teletubbies ini. Soal biaya, Anda tak perlu pusing. Karena tak ada biaya untuk menikmati wisata ini. Bagaimana? Tertarik untuk “bertamu” mengunjungi Tingky Wingky, Dipsy, Lala dan Po?

1 komentar: